Disini saya memberikan tips cara merawat laptop dengan baik dan cara2 mencegah yang bisa merusak dan mengnonaktifkan program dan aplikasi lainnya.

Semoga berguna bagi pembaca...

1. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet. Hindarilah kunjungan ke websites yg tdk baik (krn biasa mereka tdk baik/mengirim berbagai cookies, atau spy software (kadang2 juga virus). Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki dan meng-updatenya secara regular (saran : setiap hari atau setiap beberapa hari). Juga pastikan anda mempunyai copy dari CD aplikasi yg penting dari lap-top anda, simpanlah baik2 / dan ingat tempatnya. Gunakanlah user dgn limited access, anti virus ON dan firewall ON bila berkunjung ke berbagai websites

2. Jangan letakkan laptop di lantai.

Ketika laptop Anda di lantai, maka risiko laptop terinjak kaki orang, anak Anda, atau binatang peliharaan akan sangat besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop. Selain itu laptop yang diletakkan di lantai akan cepat kotor oleh debu.

3. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.

Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda (rata2 lap-top skrg operating voltagenya sdh 100-240Volt), tapi pastikan saja, kalau ya, maka tdk perlu stabilizer.

4. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.

Seringkali penulis jumpai seseorang yang menggunakan laptop, kemudian meletakkan kertas-kertas di atas keyboard laptop, kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores/retak/pecah menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

5. Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk.

Misalnya laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam di dalam sofa. Ini adalah sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop dan menjadikan laptop Anda kepanasan.

6. Berhati-hatilah ketika membawa laptop Anda di dalam tas.

Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop Anda. Gunakan tas yang memang digunakan untuk laptop sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop.

7. Jangan pernah minum atau makan atau meletakkan minuman yang
mengandung cairan di sekitar laptop.

Ini sangatlah berbahaya, karena laptop sangat peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.

8. Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri (bila anda tdk punya keahlian yg teruji). Ini merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

9. Khususnya untuk kaum Pria,jangan pernah menaruh laptop pada pangkuan anda, survey di swiss terhadap responden pria, mendapatkan bahwa, panas yang keluar dari laptop dapat merusak system reproduksi pria. Jadi hati – hati

10. Laptop anda adalah aset.. terutama datanya. Jadi lakukanlah back-up. Contoh : bisa memakai Symantec/Norton Ghost 9, sangat mudah.. install, lalu masukkan DVD RW, jalankan back-up... utk Hard disk dgn isi besar hanya perlu beberapa DVD (apalagi yg dual layer 8.5 GB per keping sayang yg ini masih maaahaal sekitar : Rp40ribu per keeping, per Juli 2006). Utk mendptkan sistem dan datanya ..sangat mudah masukkan CD Norton tsb (dia punya OS sendiri), atur dari BIOS (atau program Config) utk boot up dari CD. Ketika hard disk bermasalah tinggal beli hard disk baru (kalau perlu), boot-up dgn CD Norton tadi lalu pilih restore .. beres. Laptop saya yg adalah pinjaman kantor (jadi hrs lebih hati2) ..isinya dgn data dan banyak aplikasi yg kalau perlu di-install ulang perlu ber jam2, dpt di back-up (atau di-restore) dlm sekitar 25 menit (isi sekitar 14 GB... hanya 3 DVD RW (skrg yg Verbatim, atau Fortis cuma Rp 90ribu utk 10 buah; kecepatan 4x). Setelah Main back-up anda cuma perlu incremental back-up (atau simpan data di flash drive atau CD-RW anda)..

11. Ketika sedang re-charge sebaiknya lap-top dlm keadaan mati utk memperpanjang umur batere. Selain itu, bila tdk dipakai matikanlah wi-fi connection(utk LAN, blue-tooth dsbnya) selain utk keamanan dpt menghemat listrik/daya yg ada di batere.

12. Bila anda memakai ransel pastikan zip/resluitingnya tertutup di tengah atas dan dikaitkan ke handlenya/pakai pengait, sehingga mencegah : zip ransel terbuka lalu lap-top akan meluncur keluar bila kita turunkan dari pundak

13. Matikanlah auto play pada USB drive, memory card lain (dan CD bila perlu), skrg ini virus2 sejenis Brontok dpt langsung pindah bila auto-play drive aktif (bisa pakai s'ware spt TweakUiPowertoySetup.. utk win XP, gratis)

14. Masukkanlah password ke BIOS agar bila ada yg mencuri akan sulit utk memakai/menjual lap-top tsb. (bila pencuri minta ke dealer dealer akan memeriksa kepemilikan lap-top tsb sebelum membuka passwordnya). Utk ini ada baiknya, lap-top dimatikan dan tdk di-hibernate ketika akan ada perjalanan (krn bila di-hibernate di user admin, maka pencuri dng mudah membuat users lain dan menjual lap-top anda ke penadah)

2 Komentar

anda sudah membaca artikel atau postingan kami...
jangan lupa,silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan baik...

Posting Komentar

anda sudah membaca artikel atau postingan kami...
jangan lupa,silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan baik...

Lebih baru Lebih lama