Peneliti menemukan hidup sampai usia 100 tahun tidak berkaitan dengan gaya hidup, namun tergantung pada tipe gen asalkan memiliki DNA yang tepat.

Penelitian pada gen orang-orang yang hidup lebih dari seratus tahun dan keluarga mereka, ditemukan terjadi sedikit mutasi yang dipercaya para ilmuwan memberikan proteksi tambahan untuk melawan penyakit di umur tua. Hal itu sama seperti proteksi dalam melawan efek dari gaya hidup yang tidak sehat di mana dipercaya dapat membunuh manusia lebih awal.

Eline Slagboom dari Leiden University yang memimpin studi ini pada 300 orang berusia sangat tua di Belanda baru-baru ini menerbitkan studi yang menunjukkan bagaimana fisiologi orang dari keluarga yang hidup lebih lama memiliki perbedaan dari individu normal.

“Orang yang hidup di usia tua memiliki metabolisme lemak dan glukosa yang berbeda, kulit mereka bertambah umur begitu lambat dan mereka memiliki prevalensi rendah mengenai penyakit jantung, diabetes, darah tinggi. Faktor ini semua berada di bawah kontrol genetis yang kuat, sehingga kita dapat melihat di fitur yang sangat sama dari anak para orang yang sangat tua.”

Nama gen Methuselah diambil dari orang paling tua di Alkitab, di mana hidup sampai umur 969, dipercaya memiliki gen ADIPOQ, sebuah gen yang berhubungan dengan metabolisme di mana juga ditemukan 10% orang muda dan 30% di orang-orang yang hidup di atas 100 tahun.

Diharapkan penemuan ini akan memungkinkan para peneliti untuk menemukan obat antitua di mana akan memperlambat proses penuaan. Jika ini terjadi, maka obat-obatan dapat menjadi keunggulan para industri farmasi di mana penundaan tanda atau gejala tua begitu digemari di seluruh dunia dan orang-orang rela menghabiskan triliunan rupiah setiap tahunnya.

Dr David Germs, peneliti umur panjang di University College London, percaya bahwa pengobatan ini akan menyebar. “Jika kita mengetahui gen yang mengontrol lama hidup maka kita dapat menemukan protein apa saja yang dapat membuat dan menargetkan gen ini di dalam obat-obatan. Dan mungkin saja ini dapat digunakan untuk memperlambat penuaan,” kata Germs.

Post a Comment

anda sudah membaca artikel atau postingan kami...
jangan lupa,silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan baik...

Lebih baru Lebih lama