Home | Looking for something? Sign In On Blogger | New here? Sign Up | Log out

Senin, 30 Agustus 2010

Tips Aman dan Nyaman Mudik

Senin, 30 Agustus 2010

Agar Perjalanan Nyaman

Mudik atau pulang kampung bukan suatu beban berat bagi yang kebetulan kampung halamannya bisa ditempuh dalam hitungan jam, namun bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi, acara mudik harus dipersiapkan benar-benar, terutama kondisi fisik. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Yang tak kalah pentingnya adalah kondisi kendaraan, pastikan jauh-jauh hari bahwa kendaraan yang akan dipakai sudah siap 'tempur'.

Berikut tips mudik bagi anda yang hendak bersilahturahmi kepada keluarga di kampung halaman :

Kondisi Tubuh
Pastikan bahwa sebelum mudik anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit. Terutama bagi driver

Kondisi Mobil dan Perlengkapan Mobil
Sebelum dipakai 'bertempur' alias mudik, periksakan kondisi kendaraan anda di bengkel langganan ((tune-up komplit, rem, ban, wiper, radiator, tali kipas/AC, aki, dll). Dan jangan lupa membawa perlengkapan alat-alat mobil (tools kit), dongkrak, tali derek, ban serep, kotak P3K, segitiga pengaman, kunci roda palang, senter,dll.

Bawa Air Mentah
Bawalah air mentah di dalam jerigen 5 liter atau jika tidak ada jerigen bisa memakai bekas botol air mineral besar (1 literan) untuk mengisi radiator bila kurang. Ar juga bisa untuk mencuci tangan bila selesai ganti ban kalau bocor atau kempes. Tak ada salahnya ada juga membawa sabun. Air ini juga berguna bila bawa anak kecil/bayi tiba-tiba 'pup' saat kita tengah berada di daerah yang sulit air (misalnya: sawah, hutan)

Bekal Makanan
Pastikan anda membawa bekal makanan yang praktis dan bisa dimakan sambil terus berkendara. Saat mudik disarankan untuk tidak asal makan di restoran/rumah makan tempat pemberhentian Bus Antar Kota karena di saat-saat seperti itu dikhawatirkan cara masak dan mencuci piringnya kurang bersih karena pengunjung sangat padat dan banyak yang harus dilayani.

Lebih terjamin bila anda membawa makanan sendiri. Tapi kalau bekal habis anda bisa masuk ke dalam kota dimana anda lewat untuk mencari restoran fast food fried chiken. Yang pasti anak-anak suka dan lebih baik kebersihannya.

Packing Barang/ Muatan Dengan Benar
Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Kebelet Pipis
Ini adalah masalah rutin para pemudik. Untuk anak-anak dan laki-laki sih hal ini bukan masalah besar, tinggal berhenti saja di pinggir jalan dan beres deh. Tapi untuk para wanita ini bukanlah hal yang mudah.
Untuk mengatasinya carilah pompa bensin yang besar pasti ada toiletnya yang cukup bersih, bila kotor, cari lagi berjalan beberapa kilometer. Atau anda bisa juga mencari Wartel, Kantor Polisi, Pusat Pertokoan, Losmen, Hotel, Masjid, dll.

Raja Setan Jalanan
Yang harus diingat adalah jika kita berkendara dengan mobil pribadi di Jalur Pantura adalah siap mengalah dengan Bus Antar Kota/Propinsi, mereka ini "Raja Setan Jalanan Pantura". Jangan coba-coba adu balap meski kita ada di jalur yang benar. Bila dari arah berlawanan tiba-tiba ada Bus yang melancangi truk gandeng yang berjalan lamban, Anda harus siap mengurangi kecepatan dan minggir ke kiri.

Bahkan bila perlu turun/keluar dari jalan aspal. Jangan ambil resiko, lebih baik mengalah. Bukankah Anda dan keluarga ingin tiba di kampung halaman dengan selamat?

Bawa Peta Jalur Mudik
Jangan lupa membawa peta jalur mudik, karena ini sangat penting dan berguna. Hendaknya pilihlah peta yang memuat jalur-jalur alternatif secara detail, ini penting sekali apabila terjadi kemacetan di suatu titik.
Dan jangan lupa peta tersebut dilengkapi dengan nomor-nomor telepon penting, info tol sepanjang Pulau Jawa, dll.

Bawa HP & Chargernya
Sebaiknya sebelum berangkat charge HP anda sampai penuh. Untuk daerah area tertentu yang Anda lewati akan terjadi "blank spot" untuk kartu tertentu, lebih baik jika salah satu anggota keluarga punya HP dengan kartu yang berbeda. Jadi bila terjadi blankspot masih bisa pakai HP satunya lagi.

Obat-Obatan
Bawa obat-obatan yang biasa digunakan, terutama untuk anak-anak.

No Telp
Berikan no. HP dan telepon di kampung halaman ke tetangga atau RT
Ini dimaksutkan agar Anda bisa dihubungi kalau terjadi sesuatu di rumah Anda.

Uang Tunai
Bawa uang tunai secukupnya, tak perlu bawa banyak-banyak, karena ATM banyak sekali dijumpai di daerah.

Bawa Kaset/CD
Bawalah kaset/CD yang menjadi favorit Anda, agar suasana tidak jenuh, bosan dan sekaligus membawa suasana gembira.

Catatlah nomor telepon penting
Dengan mengantoingi nomor telpon polisi, Jasa Marga, Info jalan tol akan sangat membantu saat anda mengalami masalah dalam perjalanan.

Mintalah lembar informasi kepada bengkel ATPM
Pastikan anda meminta yang sesuai merk kendaraan, anda bisa juga meminta pada Jasa Marga, biasanya mereka membuat semacam leaflet yang dibagikan secara gratis yang berisi info mudik seperti daftar posko bengkel jaga beserta nomor teleponnya, rute mudik rawan macet, restoran, SPBU, ATM di sepanjang rute perjalanan mudik.

Frekwensi Radio
Ini akan membantu memberikan informasi mudik di sepanjang rute perjalanan Anda. Anda bisa juga mendengarkan radio untuk mendapatkan info yang Anda inginkan.

Berdoa
Setelah semua hal diatas anda siapkan dengan cermat, jangan lupa untuk selalu BERDOA sebelum memulai perjalanan. Selamat mudik, semoga selamat sampai tempat tujuan


--------------------------------------------------------------------------------------

Mudik Dengan Bis dan Kereta Api

Hal hal yang harus disiapkan:
Tiket
Pastikan beli tiket jauh hari sebelum hari kepulangan, kalau mudik biasanya tiket sangat di buru dan cepat habis. Cek tanggal keberangkatan, jam dan tempat keberangkatan, jangan sampe salah. Siapkan juga dana lebih untuk beli tiket mudik.
Usahakan beli sendiri jangan lewat calo!

Koper/Ransel
Bawa tas seperlunya, 1 untuk bawa baju dan keperluan di tempat tujuan mudik, yang satu tas kecil yang berisi uang, hape, dompet, obat2an, barang kemungkinan di perlukan saat perjalanan.

Bekal
Bawa minuman atau makanan gak usah terlalu banyak dan kalau bisa bawalah yang praktis dan mudah dinikmati.

Laptop
Kalau bawa laptop atau barang berharga simpan di bawah kaki anda, atau di dekat kursi anda, jangan coba2 di letakkan di bagasi bis atau di bagasi atas kereta.

Pakaian
Pakai pakaian yang nyaman dan sopan, alas kaki yang nyaman, dan bawa /pakailah jaket atau baju hangat.
Disarankan pakai jaket dengan kantong banyak, bisa buat menyimpan uang kecil, tiket, HP atau apapun itu.

Perhiasan
Jangan pake perhiasan berlebih! Mengundang orang untuk berbuat jahat.

Uang
Bawa uang seperlunya, dan siapkan duit kecil atau receh. Jangan menyimpan uang di dompet saja tapi di bagi ada yang di kantong, tas, atau malah di koper.. jaga2 kalo kita kecopetan kita masih bisa pegang duit lain.

Obat-obatan
Kalo punya penyakit diwajibkan bawa dan dimasukkan di tas kecil, kalo yang tidak sakit bawa obat gosok atau obat mabuk atau obat masuk angin.

Bacaan
Bawa bacaan (buku, koran atau majah) untuk mengusir kebosanan anda.

Pulsa
Pastikan baterai HP terisi penuh, jika perlu ada baterai cadangan, dan jangan lupa isi pulsa secukupnya.
--------------------------------------------------------------------------------------

Hemat BBM

Hemat Bahan Bakar Saat Mudik
Stok bahan bakar minyak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1431 H aman, hal ini dikarenakan pemerintah telah menyiapkan stok 10-18 persen, lebih banyak dari hari-hari biasa.

Meski demikian, alangkah baiknya bila pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi bisa menghemat bahan bakar.

Bertikut tips menghemat bahan bakar saat mudik ala Pertamina :

1. Rencanakan perjalanan Anda sehingga mengehemat waktu dan bahan bakar. Jika memungkinkan, hindari arus puncak lalu lintas. Bawalah peta jalur mudik yang memuat informasi tempat peristrirahatan, SPBU, bengkel, jalur utama, dan jalur alternatif.

2. Periksalah tekanan ban kendaraan sesuai dengan rekomendasi. Hal ini akan mengurangi komsumsi bahan bakar, akan memperpanjang umur kendaraan, dan menambah kemudahan handling kendaraan.

3. Periksa kondisi mesin mobil dan bila perlu lakukan servis ke bengkel sebelum melakukan perjalanan mudik.

4. Bawalah barang sesuai dengan kebutuhan. Semakin berat kendaraan, semakin banyak bahan bakar yang dikomsumsi.

5. Mengemudikan dengan halus serta konstan. Hal ini akan menghindari akselerasi yang tidak perlu serta pengereman berulang-ulang yang berakibat memboroskan bahan bakar. Jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan didepan anda.

6. Mengemudilah pada kecepatan kendaraan yang disarankan agar pembakaran bahan bakar optimal.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=270574233

1 komentar:

Dangsulaeman mengatakan...

Hai...
Tukeran follower yuks...saya sudah follow blog kamu (namanya : dangsulaeman), please follow balik blog saya

blog saya,
Bolehngeblog

Posting Komentar

anda sudah membaca artikel atau postingan kami...
jangan lupa,silahkan tinggalkan komentar dengan bahasa yang santun dan baik...

 

Menurut anda,Apa yg akan terjadi pd tahun 2012?

Internet adalah tempat untuk berbagi,apapun meski tak langsung Terima kasih banyak kepada dan blog/website yang telah menyediakan artikel atau berita yang menarik dan seru, sehingga kami dapat tampilkan kembali di blog ini...

Link teman

Sahabat 7b yang sudah tukar link dan banner

Friend Links

Friend's Banner